Sabtu, 06 Maret 2010

SPECTRUM FREQUENCY


SPECTRUM FREEQUENCY
Spectrum Frequency dari suatu sinyal merupakan kumpulan dari seluruh komponen frequensiy yang tercakup di dalamnya dan ditunjukkan dengan grafik frequency domain. Selain spectrum frequency, kita juga mengenal intilah bandwith, yaitu lebar dari spectrum frequency. Dari sini dapat kita simpulkan bahwa bandwith itu sendiri mengacu pada range dari komponen frequency-frequency. Sedangkan spectrum frequency itu sendiri mengacu pada elemen-elemen yang ada di dalam range.

Menghitung Bandwith
Untuk mengetahui besarnya bandwith kita dapat melakukan dengan menghitung frequency tertinggi dikurangi dengan frequency terendah.

TRANSFORMASI FOURIER
sebuah transformasi integral yang menyatakan-kembali sebuah fungsi dalam fungsi basis sinusioidal, yaitu sebuah fungsi sinusoidal penjumlahan atau integral dikalikan oleh beberapa koefisien ("amplitudo"). Ada banyak variasi yang berhubungan-dekat dari transformasi ini tergantung jenis fungsi yang ditransformasikan.
Secara sederhananya transformasi fourier dipergunakan untuk mengubah dari kawasan waktu menjadi kawasan frekuensi. Pengubahan itu dimaksudkan untuk mempermudah analisis yang dilakukan. Dalam bidang pengolahan sinyal maka pengubahan tersebut dapat dilakukan terhadap sinyal maupun terhadap sistemnya. Transformasi fourier sinyal akan menghasilkan spektrum sinyal. Sedangkan transformasi fourier terhadap sistem akan menghasilkan tanggapan frekuensi sistem.

GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK
Gelombang elektromagnetik merupakan yang berisi dan menghantarkan sinyal-sinyal elektromagnetik di udara. Contoh gelombang televisi, radio, dan lain-lain. Masing-masing jenis gelombang elektromagnetik ini memiliki batas jangkauan sendiri-sendiri, yang disebut dengan spectrum elektromagnetik. Spectrum elektromagnetik meliputi daerah batas gelombang dengan frequency yang rendah sampai frequency yang sangat tinggi.

Pada umumnya gelombang elektromagnetik yang memiliki frequensi tinggi yang dipancarkan oleh pemancar disebut dengangelombang radio (RF). Gelombang RF dibagi menjadi dua golongan, yaitu Gelombang Langit (Sky wave) dan Gelombang Darat (Ground wave).


Jenis-jenis media transmisi radio:
1. Middle Frequency(MF)
 Banyak digunakan pada radio swasta, radio amatir,orari, dsb.
2. High Frequency (HF)
 Dipakai untuk berhubungan dengan tempat-tempat jauh dan terpencil. Penggunaan frequency HF ini sering disebut dengan SSB (Single Side Band atau radio SSB).
3. Very High Frequency (VHF) dan Ultra High Frequency (UHF)
 Banyak digunakan untuk keprluan hubungan jarak dekat, contohnya radio kendaraan bermotor, STJJ, dan lai-lain.
4. Super High Frequency (SHF) dan Extremely High Frequency (EHF)
 Sering diseut dengan gelombang mikro yang banyak digunakakn untuk system gelombang mikro di Telkom dan system satelit termasuk untuk penyiaran program televise.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Rahma Bhie Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
Cake Illustration Copyrighted to Clarice